Kamis, 11 Oktober 2018

Keunggulan IAIN Palangka Raya

Keunggulan IAIN Palangka Raya


Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.


Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya atau biasa yang dikenal dengan IAIN Palangka Raya adalah salah satu perguruan tinggi favorit di Kalimantan Tengah saat ini. Perguruan tinggi yang didirikan berdasarkan pada Surat Keputusan Presiden Nomor 11 Tanggal 21 Maret 1997 bertepatan Tanggal 12 Dzulqaidah 1417 H. 

Belum sampai disitu, perkembangan IAIN Palangka Raya dari tahun ke tahun juga semakin pesat, ntah itu dalam hal sarana dan prasarana, peningkatan mahasiswa, dan akreditasi yang mulai semakin baik. Perguruan tinggi ini pun juga banyak menorehkan prestasi yang sangat membanggakan. Salah satu prestasi yang diraih oleh mahasiswa semester 3 Prodi Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Palangka Raya adalah Juara 3 Nasional dalam ajang bergengsi Nasional yaitu Islamic Banking and Finance Call Paper National 2018 yang diselenggarakan oleh Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta pada tanggal 8-12 oktober 2018. Meski bisa dibilang salah satu perguruan tinggi muda di Kalimantan Tengah, namun sudah dapat menyisihkan puluhan peserta lain dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia, dengan mengangkat sebuah penelitian yang berjudul "Implementasi Dalil Qath'i dalam Operasional Pegadaian Syariah di Indonesia".

Baiklah, kita akan membahas beberapa keunggulan yang dimiliki oleh kampus hijau favorit kita ini, antara lain;
  • Sarana dan Prasarana
Di IAIN Palangka Raya juga sudah terdapat gedung-gedung fakultas yang memadai dan megah, gedung ini biasa disebut gedung Triple Tower.

Triple Tower


Gedung Triple Tower ini terdiri dari beberapa gedung fakultas, diantaranya ada Fakultas Syariah (FSYA), Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) dan Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah (FUAD). Gedung Triple Tower ini menjadi salah satu daya tarik di IAIN Palangka Raya. Dikarenakan gedung yang besar, megah dan bagus ini membuat lingkungan kampus pun menjadi lebih menarik. Selain ada tiga gedung fakultas tersebut, juga ada gedung Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK).

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan

Selain mencetak sarjana yang berkualitas, di IAIN Palangka Raya juga terdapat pascasarjana yang baik. 

Gedung Pascasarjana



Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan menjadi fakultas dengan mahasiswa baru terbanyak pada tahun 2018 ini dengan jumlah mahasiswa semester 1 yang melebihi dari mahasiswa fakultas lain. Gedung Rektorat kampus ini pun juga tidak kalah bagusnya dengan gedung-gedung lainnya. 

Rektorat


Di IAIN Palangka Raya pun juga terdapat perpustakaan yang cukup memadai bagi para mahasiswa untuk mencari berbagai buku dan jurnal yang bisa menambah wawasan dan menjadi referensi bagi mahasiswa dalam pembuatan tugas seperti makalah.

Perpustakaan IAIN Palangka Raya

Selain ada gedung perpustakaan, juga terdapat gedung UPT Pengembangan Bahasa.

UPT Pengembangan Bahasa

Dan yang menjadi salah satu keunggulan di IAIN Palangka Raya, adanya Gedung Ma'had Al Jamiah atau biasa disebut asrama. Di program ini kita diajarkan tentang ilmu agama, kedisiplinan, taat beribadah, belajar bahasa arab dan bahasa inggris, dan masih banyak lagi.

Ma'had Al Jamiah


  • Akreditasi
Di keunggulan yang kedua ini, kita akan membahas tentang akreditasi kampus kita tercinta ini. IAIN Palangka Raya memiliki akreditasi yang cukup baik dikalangan perguruan tinggi, yaitu akreditasi B. Akreditasi ini sudah cukup baik untuk sebuah perguruan tinggi, apalagi bagi kampus muda kita ini. Tidak hanya kampus, prodi di IAIN Palangka Raya pun juga terdapat yang akreditasinya B, salah satunya adalah Prodi Tadris Bahasa Inggris. Prodi ini terdapat di Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. 



Beruntung bagi mahasiswa yang memilih Prodi TBI di IAIN Palangka Raya, dengan akreditasi yang baik, sebagai lulusan S1 Tadris Bahasa Inggris pun kita dapat mencari pekerjaan lebih mudah. Tetapi, bukan hanya prodi TBI saja, juga terdapat prodi-prodi lain yang terakreditasi B, salah satunya adalah Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI). Prodi ini juga terdapat di Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan.


Masih banyak keunggulan dari IAIN Palangka Raya, penjelasan diatas hanyalah beberapa saja yang kita bahas. Jadi, tidak ada keraguan lagi bagi yang ingin melanjutkan pendidikan di IAIN Palangka Raya, karena dengan keunggulan yang dimiliki oleh kampus ini, sudah dapat mencetak sarjana dan pascasarjana yang berkualitas. Jika ingin mengetahui lebih lanjut tentang kampus hijau kita, bisa mengunjungi langsung website resmi atau langsung datang ke IAIN Palangka Raya.

Demikian dan semoga bermanfaat. Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Taman Wisata Patung Jelawat - Video

In this moment, I will show my video about Jelawat Sculptural Tourist Park. Click here to see my video.